Pengertian Dan Aktivitas Guru Pembelajar - foldersoal.com
Wednesday, February 3, 2016
Edit
Pengertian dan Program Guru Pembelajar_Apa itu Guru Pembelajar?, berdasarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 27 Oktober 2014-27 Juli 2016 ( Bapak Anies Baswedan ), definisi Guru pembelajar adalah guru yang ideal yang terus berguru dan menyebarkan (upgrade) diri di setiap ketika dan di manapun. Guru terus berguru dan menyebarkan diri bukan untuk pemerintah atau kepala sekolah, tapi memang sejatinya setiap pendidik atau guru yaitu pembelajar.
Program Guru Pembelajar Kemdikbud via Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan dalam sambutan pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2015 mengajak seluruh guru untuk menjadi Guru Pembelajar, guru yang selalu hadir sebagai pendidik dan pemimpin bagi akseptor didiknya, guru yang hadir mengirimkan pesan harapan, guru yang makin menjadi rujukan perihal ketangguhan, optimisme, dan keceriaan. Guru merupakan seorang pembelajar yang secara terus menerus berguru untuk meningkatkan kualitas dirinya.
Guru merupakan role model atau rujukan bagi para akseptor didik sehingga tampilan awal guru sangat besar lengan berkuasa terhadap kelanjutan pembelajaran para akseptor didik. Guru sanggup menyajikan proses pembelajaran yang menarik, memberi motivasi, dan menginspirasi dari pengetahuan dan pengalaman guru yang senantiasa diperbaharui dengan aneka macam masukan nyata yang didapat dari aneka macam sumber belajar. Pengetahuan dan pengalaman sanggup diperoleh dari buku-buku, televisi, dunia maya/internet, kegiatan seminar pendidikan, serta pendidikan dan pelatihan.
Dalam proses belajarnya, guru menghasilkan karya dan penemuan yang mencerahkan untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran di kelas sehingga menumbuhkan semua potensi akseptor didik dan mereka bukan sekadar bisa meraih, tetapi bisa melampaui cita-citanya. Guru bukan hanya seorang pengajar tetapi lebih dari itu guru merupakan pendidik. Sebagai pendidik guru harus mempunyai aneka macam kemampuan sebagai kompetensi yang harus dimiliki sebagai pendidik yang profesional.
Ada beberapa alasan mengapa seorang guru harus terus berguru selama ia berprofesi sebagai pendidik, sebagai berikut.
1. Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalitas mempunyai kesempatan untuk menyebarkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan berguru sepanjang hayat.
2. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni menuntut guru untuk harus berguru mengikuti keadaan dengan hal-hal gres yang berlaku ketika ini. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut untuk bisa mengikuti keadaan dengan aneka macam perubahan yang baru. Adapun kemampuan tersebut bisa diperoleh melalui pelatihan, seminar maupun melalui studi kepustakaan.
3. Karakter akseptor didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. Metode pembelajaran yang dipakai pada akseptor didik generasi terdahulu akan sulit diterapkan pada akseptor didik generasi sekarang. Oleh alasannya itu, cara ataupun metode pembelajaran yang dipakai guru harus diadaptasi dengan kondisi akseptor didik ketika ini.
Berdasarkan alasan tersebut di atas, guru pembelajar harus terus belajar, bisa mengikuti keadaan dengan perubahan, dan sanggup menginspirasi akseptor didik menjadi subjek pembelajar berdikari yang bertanggungjawab, kreatif, dan inovatif.
Berbagai Sumber
Guru merupakan role model atau rujukan bagi para akseptor didik sehingga tampilan awal guru sangat besar lengan berkuasa terhadap kelanjutan pembelajaran para akseptor didik. Guru sanggup menyajikan proses pembelajaran yang menarik, memberi motivasi, dan menginspirasi dari pengetahuan dan pengalaman guru yang senantiasa diperbaharui dengan aneka macam masukan nyata yang didapat dari aneka macam sumber belajar. Pengetahuan dan pengalaman sanggup diperoleh dari buku-buku, televisi, dunia maya/internet, kegiatan seminar pendidikan, serta pendidikan dan pelatihan.
Dalam proses belajarnya, guru menghasilkan karya dan penemuan yang mencerahkan untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran di kelas sehingga menumbuhkan semua potensi akseptor didik dan mereka bukan sekadar bisa meraih, tetapi bisa melampaui cita-citanya. Guru bukan hanya seorang pengajar tetapi lebih dari itu guru merupakan pendidik. Sebagai pendidik guru harus mempunyai aneka macam kemampuan sebagai kompetensi yang harus dimiliki sebagai pendidik yang profesional.
Ada beberapa alasan mengapa seorang guru harus terus berguru selama ia berprofesi sebagai pendidik, sebagai berikut.
1. Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalitas mempunyai kesempatan untuk menyebarkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan berguru sepanjang hayat.
2. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni menuntut guru untuk harus berguru mengikuti keadaan dengan hal-hal gres yang berlaku ketika ini. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut untuk bisa mengikuti keadaan dengan aneka macam perubahan yang baru. Adapun kemampuan tersebut bisa diperoleh melalui pelatihan, seminar maupun melalui studi kepustakaan.
3. Karakter akseptor didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. Metode pembelajaran yang dipakai pada akseptor didik generasi terdahulu akan sulit diterapkan pada akseptor didik generasi sekarang. Oleh alasannya itu, cara ataupun metode pembelajaran yang dipakai guru harus diadaptasi dengan kondisi akseptor didik ketika ini.
Berdasarkan alasan tersebut di atas, guru pembelajar harus terus belajar, bisa mengikuti keadaan dengan perubahan, dan sanggup menginspirasi akseptor didik menjadi subjek pembelajar berdikari yang bertanggungjawab, kreatif, dan inovatif.
Berbagai Sumber