Teori Mencar Ilmu Gagne - foldersoal.com
Thursday, December 3, 2015
Edit
Teori Belajar Gagne_Gagne seorang tokoh dalam psikologi pembelajaran mengungkapkan pendapatnya bahwa proses mencar ilmu dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan. Lingkungan individu seseorang membawa dampak yang sangat besar dalam proses belajar. Lingkungan individu seseorang mencakup lingkungan sosial, sekolah, geografis dan lingkungan rumah.
Menurut Gagne, konsep mencar ilmu bersifat kompleks sehingga tidak sanggup didefinisikan dengan mudah. Gagne beropini bahwa hasil mencar ilmu akan membawa perubahan dalam diri seseorang berupa perubahan minat, perilaku dan kemampuan. Perubahan-perubahan tersebut mempunyai sifat senantiasa tetap/statis walaupun hanya sementara.
A. Teori Belajar Gagne: Delapan Tipe Belajar
Gagne mengklasifikasikan konsep mencar ilmu ke dalam tiga elemen belajar. Tiga elemen mencar ilmu tersebut antara lain situasi stimulus, individu yang mencar ilmu dan responden yang melaksanakan agresi sebagai wujud jawaban dari stimulus. Gagne juga menjelaskan ihwal sistematika delapan tipe mencar ilmu untuk memudahkan kita memahami teori belajar. Berikut ini ulasannya:
1. Tipe mencar ilmu tanda (Signal learning)
Tipe ini mempunyai ciri khusus yakni semua respon/jawaban menurut pada sinyal/tanda.
2. Tipe mencar ilmu rangsang-reaksi (Stimulus-response learning)
Hampir ibarat tipe satu, namun tipe ini mempunyai perbedaan yakni proses munculnya respons disebabkan adanya dorongan yang timbul dari dalam disertai penguatan yang menjadikan seseorang bersedia secara berulang-ulang melaksanakan sesuatu.
3. Tipe mencar ilmu berangkai (Chaining Learning)
Tipe ini menunjukkan rangkaian relasi stimulus-respons dimana sebuah respons nantinya akan menjadi stimulus gres kemudian akan memunculkan suatu respons yang baru.
4. Tipe mencar ilmu asosiasi mulut (Verbal association learning)
Tipe ini berkaitan dengan pemakaian bahasa dengan tunjangan reaksi mulut bagi perangsang/stimulus.
5. Tipe mencar ilmu membedakan (Discrimination learning)
Tipe mencar ilmu ini menghasilkan sebuah kemampuan untuk membedakan objek-objek yang berada dalam suatu lingkungan fisik.
6. Tipe mencar ilmu konsep (Concept Learning)
Tipe mencar ilmu ini bertujuan untuk mendapatkan pengetian atau pemahaman ihwal suatu hal yang sangat mendasar.
7. Tipe mencar ilmu kaidah (RuleLearning)
Tipe mencar ilmu kaidah merupakan sebuah tipe mencar ilmu yang bisa menghasilkan sebuah kaidah berupa penggabungan konsep-konsep.
8. Tipe mencar ilmu pemecahan duduk kasus (Problem solving)
Tipe mencar ilmu ini bertujuan menghasilkan sebuah prinsip yang berperan dalam proses pemecahan suatu permasalahan.
B. Teori Belajar Gagne: Analisis Kejadian Belajar
Dalam sebuah analisis mengenai kejadian-kejadian belajar, Gagne mengusulkan adanya kejadian-kejadian berupa arahan bagi guru dalam proses penyajian suatu pelajaran pada siswa. Kejadian-kejadian arahan tersebut yaitu:
1. Melakukan Motivasi Secara Aktif
Kegiatan motivasi siswa secara aktif sangat penting dalam proses mencar ilmu sehingga bisa membangkitkan perhatian para siswa akan isi pelajaran.
2. Menginformasikan Tujuan-Tujuan Belajar
Hal ini berkaitan bersahabat dengan arahan pertama. Cara untuk memotivasi siswa secara aktif yaitu dengan menginformasikan pada meraka akan apa tujuan dari proses mencar ilmu tersebut. Dengan memahami tujuan proses mencar ilmu tersebut siswa akan gampang untuk melaksanakan pemusatan perhatian akan aspek-aspek yang sangat relevan dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
3. Mengarahkan Perhatian
Gagne menjelaskan mengenai dua bentuk perhatian. Bentuk perhatian pertama berperan dalam menciptakan siswa memoiliki kesiapan ketika mendapatkan stimulus-stimulus sedangkan bentuk keduanya dikenal dengan sebutan persepsi selektif. Proses mengarahkan perhatian ini akan membantu siswa dalam mendapatkan info kemudian diteruskan ke dalam memori mereka.
4. Merangsang Ingatan
Gagne beropini bahwa tunjangan kode dari info yang bersumber dari memori jangka pendek yang telah disimpan dalam memori jangka panjang merupakan potongan yang paling kritis pada proses mencar ilmu seseorang. Guru sanggup berupaya membantu siswa-siswi dalam mengeluarkan atau mengingat pengetahuan yang telah disimpan dalam jangka waktu yang panjang tersebut dengan melaksanakan pengajuan pertanyaan-pertanyan pada siswa.
Nah, demikianlah ulasan ihwal teori mencar ilmu gagne. Semoga bermanfaat. Berbagai Sumber
Menurut Gagne, konsep mencar ilmu bersifat kompleks sehingga tidak sanggup didefinisikan dengan mudah. Gagne beropini bahwa hasil mencar ilmu akan membawa perubahan dalam diri seseorang berupa perubahan minat, perilaku dan kemampuan. Perubahan-perubahan tersebut mempunyai sifat senantiasa tetap/statis walaupun hanya sementara.
A. Teori Belajar Gagne: Delapan Tipe Belajar
Gagne mengklasifikasikan konsep mencar ilmu ke dalam tiga elemen belajar. Tiga elemen mencar ilmu tersebut antara lain situasi stimulus, individu yang mencar ilmu dan responden yang melaksanakan agresi sebagai wujud jawaban dari stimulus. Gagne juga menjelaskan ihwal sistematika delapan tipe mencar ilmu untuk memudahkan kita memahami teori belajar. Berikut ini ulasannya:
1. Tipe mencar ilmu tanda (Signal learning)
Tipe ini mempunyai ciri khusus yakni semua respon/jawaban menurut pada sinyal/tanda.
2. Tipe mencar ilmu rangsang-reaksi (Stimulus-response learning)
Hampir ibarat tipe satu, namun tipe ini mempunyai perbedaan yakni proses munculnya respons disebabkan adanya dorongan yang timbul dari dalam disertai penguatan yang menjadikan seseorang bersedia secara berulang-ulang melaksanakan sesuatu.
3. Tipe mencar ilmu berangkai (Chaining Learning)
Tipe ini menunjukkan rangkaian relasi stimulus-respons dimana sebuah respons nantinya akan menjadi stimulus gres kemudian akan memunculkan suatu respons yang baru.
4. Tipe mencar ilmu asosiasi mulut (Verbal association learning)
Tipe ini berkaitan dengan pemakaian bahasa dengan tunjangan reaksi mulut bagi perangsang/stimulus.
5. Tipe mencar ilmu membedakan (Discrimination learning)
Tipe mencar ilmu ini menghasilkan sebuah kemampuan untuk membedakan objek-objek yang berada dalam suatu lingkungan fisik.
6. Tipe mencar ilmu konsep (Concept Learning)
Tipe mencar ilmu ini bertujuan untuk mendapatkan pengetian atau pemahaman ihwal suatu hal yang sangat mendasar.
7. Tipe mencar ilmu kaidah (RuleLearning)
Tipe mencar ilmu kaidah merupakan sebuah tipe mencar ilmu yang bisa menghasilkan sebuah kaidah berupa penggabungan konsep-konsep.
8. Tipe mencar ilmu pemecahan duduk kasus (Problem solving)
Tipe mencar ilmu ini bertujuan menghasilkan sebuah prinsip yang berperan dalam proses pemecahan suatu permasalahan.
B. Teori Belajar Gagne: Analisis Kejadian Belajar
Dalam sebuah analisis mengenai kejadian-kejadian belajar, Gagne mengusulkan adanya kejadian-kejadian berupa arahan bagi guru dalam proses penyajian suatu pelajaran pada siswa. Kejadian-kejadian arahan tersebut yaitu:
1. Melakukan Motivasi Secara Aktif
Kegiatan motivasi siswa secara aktif sangat penting dalam proses mencar ilmu sehingga bisa membangkitkan perhatian para siswa akan isi pelajaran.
2. Menginformasikan Tujuan-Tujuan Belajar
Hal ini berkaitan bersahabat dengan arahan pertama. Cara untuk memotivasi siswa secara aktif yaitu dengan menginformasikan pada meraka akan apa tujuan dari proses mencar ilmu tersebut. Dengan memahami tujuan proses mencar ilmu tersebut siswa akan gampang untuk melaksanakan pemusatan perhatian akan aspek-aspek yang sangat relevan dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
3. Mengarahkan Perhatian
Gagne menjelaskan mengenai dua bentuk perhatian. Bentuk perhatian pertama berperan dalam menciptakan siswa memoiliki kesiapan ketika mendapatkan stimulus-stimulus sedangkan bentuk keduanya dikenal dengan sebutan persepsi selektif. Proses mengarahkan perhatian ini akan membantu siswa dalam mendapatkan info kemudian diteruskan ke dalam memori mereka.
4. Merangsang Ingatan
Gagne beropini bahwa tunjangan kode dari info yang bersumber dari memori jangka pendek yang telah disimpan dalam memori jangka panjang merupakan potongan yang paling kritis pada proses mencar ilmu seseorang. Guru sanggup berupaya membantu siswa-siswi dalam mengeluarkan atau mengingat pengetahuan yang telah disimpan dalam jangka waktu yang panjang tersebut dengan melaksanakan pengajuan pertanyaan-pertanyan pada siswa.
Nah, demikianlah ulasan ihwal teori mencar ilmu gagne. Semoga bermanfaat. Berbagai Sumber