RPP DAN SILABUS TIK SMP KELAS VII, VIII, IX SEMESTER 1, 2 KURIKULUM KTSP - foldersoal.com
Tuesday, February 11, 2014
Edit
Salah satu kewajiban bagi guru adalah membuat RPP. Lalu apa pentingnyamembuat RPP itu?. Di dalam RPP termuat tujuan dari pembelajaran yang mana setiap pokok bahasan akan memiliki tujuan yang berbeda. Selain itu RPP juga memuat tentang perencanaan bahan, perencanaan alat peraga, metode pengajaran dan prosedur-posedur pembelajaran. Minimal dengan guru membuat RPP guru akan tau materi apa yang akan ia ajarkan untuk siswa-siswinya esok hari. Maka dari itu setiap guru, dalam kondisi dan situasi bagaimanapun, guru tetap harus membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), karena perencanaan merupakan pedoman pembelajaran. Dalam mengajar Guru boleh tidak membuat kurikulum, boleh juga tidak membuat alat peraga, bahkan dalam hal tertentu tidak melakukan penilaian, tetapi tidak boleh tidak membuat perencanaan (RPP).
Berikut ini adalah contoh RPP TIK untuk SMP Kelas VII, VIII, dan IX semester 1, 2.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP/MTs .................. |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII /1 |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang |
Kompetensi Dasar | : | 1.1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi |
Alokasi Waktu | : | 1 x pertemuan (1 x 40 menit) |
A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi dengan tepat, teliti dan disiplin
v mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi teknologi informasi
v mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi elektronika
v Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
v menjelaskan pengertian dan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
v Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
v menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a. Bidang telekomunikasi
b. Bidang teknologi informasi
c. Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Kegiatan Pendahuluan
- Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
- Memberika motivasi pentingnya TIK
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, Nama Sekolah dan sekitarnya
- melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
- Mengerjakan lembar kerja.
- memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
- memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
- memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- membantu menyelesaikan masalah;
- memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
- Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang Ø Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi | Tes tertulis Tes Tertulis | Uraian Uraian | Tunjukkanlah gambar yang termasuk peral-atan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya. Jelaskan fungsi dari faximail! |
Lembar Observasi
No | Aspek yang dinilai | Skala kuantitatif | Nilai = | |||
4 | 3 | 2 | 1 | Jsp/jsm x 100 | ||
1 | Menunjukan alat input | √ | ||||
2 | Menunjukan alat pemerosesan data | √ | ||||
3 | Menunjukan alat output | √ | ||||
4 | Menunjukan alat trasfer data | √ | ||||
Jumlah | 8 | 3 | 2 | - |
Nilai = Jumlah Skor Perolehan x 100 = 13 x 100 = 81,25
Jml Skor maksimal 16
Keterangan:
Berikan tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
4 jika selalu muncul
3 jika sering muncul
2 jika kadang-kadang muncul
1 jika tidak pernah muncul
Mengetahui, Kepala SMP/MTs ............ ___________________ | ............, ……………………. 20 … Guru Mapel TIK. __________________________ |
RPP dan silabus TIK SMP selengkapnya dapat anda unduh melalui tautan di bawah ini:
RPP dan silabus TIK SMP Kelas VII
RPP dan silabus TIK SMP Kelas VIII
RPP dan silabus TIK SMP Kelas IX