RPP DAN SILABUS IPA BIOLOGI SMP KELAS VII SEMESTER 2 - foldersoal.com
Wednesday, February 12, 2014
Edit
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : VII / Semester 2
A, Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
B. Kompetensi Dasar : 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.
C, Indikator : 1. Membedakan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan.
2. Membedakan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan.
D, Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian komponen biotik.
2. Menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
3. Menjelaskan pengertian komponen abiotik.
4. Menyebutkan beberapa contoh dari komponen abiotik.
5. Menjelaskan gejala alam biotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
6. Menjelaskan gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
E. Materi Pembelajaran : Gejala Alam Biotik dan Abiotik
F. Metode Pembelajaran :
Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Ceramah
G. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Hewan tergolong komponen biotik atau abiotik?
- Mengapa eceng gondok dapat tumbuh subur di perairan dekat persawahan?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan komponen biotik dan abiotik?
- Bagaimana eceng gondok dapat tumbuh subur di perairan dekat persawahan?
b. Kegiatan Inti
. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian komponen biotik.
. Peserta didik berdiskusi kelompok menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
. Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian komponen abiotik.
. Peserta didik berdiskusi kelompok menyebutkan beberapa contoh dari komponen abiotik.
. Peserta didik berdiskusi kelompok membedakan komponen biotik dan komponen abiotik.
. Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan gejala alam biotik maupun gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
. Peserta didik berdiskusi kelompok membedakan gejala alam biotik dan gejala alam abiotik.
. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu Jl.1B (Esis) halaman 25-29
b. Lingkungan
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Observasi
b. Bentuk Instrumen:
- PG
- Lembar observasi
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik....
a. bau c. warna
b. tumbuh d. ukuran
Surabaya, ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..................................
RPP dan silabus IPA Biologi SMP Kelas VII semester 2 di atas adalah contoh dari RPP dan silabus selengkapnya dapat anda unduh melalui tautan di bawah ini.
RPP IPA BIOLOGI SMP KELAS VII SEMESTER 2
SILABUS IPA BIOLOGI SMP KELAS VII SEMESTER 2